Back

Register for a free Counselling Session

Kuliah Business Analytics

Dalam bisnis, data adalah hal mendasar dalam membuat keputusan.  Dengan besarnya jumlah data dalam bisnis di era digital menjadikan membuat keputusan berdasarkan data menjadi tugas yang cukup berat. Bayangkan, setiap klik dalam website, Facebook likes, blog, dan survey, rekam transaksi pembelian, semuanya harus dipertimbangkan dalam setiap keputusan bisnis.

Oleh sebab itu, kebutuhan akan profesi business analytics menjadi sangat besar.  Profesi ini berhubungan erat dengan komputer canggih, software yang dibuat khusus, dan beragam tes statistik untuk memanipulasi dan menganalisis set data yang sangat besar.

Beragam universitas di Australia menawarkan kuliah teknik kimia yang dikelola dengan sangat baik dalam employers, dan berhubungan langsung dengan dunia kerja. Faktanya, hampir semua program memiliki opsi magang yang bisa dilakukan dalam bentuk program penempatan kerja, atau menyelesaikan proyek terkait kuliah di organisasi atau perusahaan

Dari 37 universitas di Australia, hampir semuanya memiliki program business analytics.

Beberapa universitas yang mungkin cocok buat kamu:

  • La Trobe University
  • RMIT
  • Victoria University
  • Deakin University

Gaji dan Prospek Kerja

Profesi Business analytics ini dibutuhkan oleh beragam industri seperti, retail online (Amazon, eBay), perusahaan teknologi (Microsoft, Apple), pariwisata dan perhotelan (Marriot, Woolworth) dan perbankan (ANZ, Commonwealth).

Beberapa posisi jabatan yang diperoleh para lulusan diantaranya : Business Analyst, Technical Business Analyst, Transformation Business Analyst and Growth Analyst.

Gaji sangat beragam sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki, jabatan, lokasi, dan pengalaman.  Sebagai gambaran, seorang business analyst memperoleh rata-rata  $80,000 dalam setahun (sekitar Rp. 800 Juta), dapat meningkat hingga $110,000 (sekitar Rp. 1,1M) dengan pengalaman yang dimiliki.

Mengapa Harus Australia?

Austria telah memantapkan posisinya sebagai salah satu tujuan studi terbaik bagi pelajar internasional.  Ada 37 universitas di Australia yang 7 diantaranya masuk dalam 100 universitas terbaik di dunia, dan 15 di jajaran 250 universitas terbaik dunia dalam QS World Rankings 2019.

Pariwisata, jasa keuangan, pendidikan, pertambangan, dan pertanian adalah sektor terbesar di Australia.  Perusahaan teknologi terkemuka dunia seperti Google, Microsoft, Apple memiliki kantor operasional di Australia. Kota metropolitas seperti Melbourne dan Sydney memiliki komunitas perusahaan startup yang sangat berkembang.

Orang-orang di Australia sangat menikmati cuaca yang selalu baik sepanjang tahun, gaji yang tinggi, dan keseimbangan yang sehat antara kerja dan kehidupan. Negara yang sangat luas sekaligus cantik dan mempunyai apapun untuk siapapun, baik itu opera, konser musik, filem, dan kegiatan outdoor seperti pantai dan selancar.

Lulusan internasional biasanya berkesempatan untuk mendapatkan visa kerja hingga 3 tahun setelah kelulusan.

Request a callback